Wednesday, May 06, 2015

The Journey of Ignorance and Stupidity

This post will be in Bahasa Indonesia, because it will be easier to tell and capture my stupidity :D

Gue bikin janji ketemuan sama calon penulis di Mal Kelapa Gading. Gue deg-degan karena bener-bener buta area sana…Setelah nanya ke teman – Lena - yang gue panggil “penguasa” daerah Kelapa Gading, dikasih saran tuk naik bis ATPB Ciawi-Tanjung Priok, turun di halte busway Sunter Kelapa Gading, terus nyambung naek mikrolet 37 (Senen-Pulogadung), gue bakal turun persis di depan malnya.

Janjiannya sih jam 1 siang, tapi karena ‘gak tahu kondisi lalu lintas Jakarta Utara, berangkatlah gue lebih awal, jam 8 pagi dari rumah di Bogor. Sampai di Ciawi jam 8.30, langsung naik APTB Ciawi-Tanjung Priok yang lagi ngetem. 

Untungnya gue berangkat awal, APTBnya ngetem sampai 1 jam! Akhirnya gw berangkat jam 9.30 pagi, bayar ongkos 16 rebu. Nyampe di halte Sunter Kelapa Gading kira-kira jam 11 kurang, terus naik mikrolet 37 (nyebrang jembatan busway). Lena emang bilang mikroletnya lewat persis di depan mal,  tapi gue kurang percaya kalau supirnya inget tuk turunin gue disitu. Akhirnya waktu gue liat di sebelah kanan tulisan besar “Mal Kelapa Gading”, gue buru-buru minta turun terus nyebrang. Tapi ternyata mikroletnya muter di puteran gak jauh di depan n lewat di depan mal. Gue cuma bisa pura-pura cuek sambil jalan masuk mal.

Di mal, gue ke Gramedia dulu, beli buku referensi tuk kantor n beberapa komik, sama sumpit katana. Sempet-sempetnya gue liat barang begituan…

Komiknya lumayan menarik.

Sumpit katana.

Gue juga mampir ke music + n nemu CD X Japan rilisan Korea. Harganya 340rb, 2 CD, tapi gw pass abis baca tracklistnya lagu-lagu yang udah pernah gue denger semua…

Penulis minta ketemuan di “Eat n Eat” MKG 5. Hah?? Ada lima mal di satu area..?? Gue udah yakin bakalan nyasar di dalam malnya… Gue nanya arah ke Customer Service n petugas di dalam mal. Ternyata “Eat n Eat” pake sistem kartu tuk beli makanan. Setelah mastiin klo bisa refund, gue isi kartu tuk makan gue n penulis. Sambil nunggu penulis, gue beli takoyaki yang isinya lebih banyak tepung n Cuma secuil gurita… Gak berapa lama penulis dateng sama dua anaknya. Mereka udah beli makan duluan, jadilah gue gak jadi bayarin makan mereka. Setelah ngobrol sampe jam 2 lewat, gue pun pulang. Dan beneran gue nyasar di dalam mal, nyari pintu yang sama yang gue masukin.

Ajaibnya setelah sholat dzuhur dulu, gue ketemu arah yang bener ke pintu masuk. Gue udah pengen bersorak aja bisa pulang. Tapi di situlah awal kebodohan gue…

Keluar dari mal, gue gak pake nanya, langsung naek mikrolet 37. Gue mikir mikroletnya pasti balik arah dong…tapi mikroletnya justru mau ke Pulogadung! Setelah gue sadar, gue turun, nyebrang ke arah sebaliknya. Gue mastiin dulu mikrolet yang mau gue naekin lewat ke Artha Gading. Ternyata eh ternyata…mikroletnya lewat lagi di depan mal…ternyata gue harus nanya dulu antara mikroletnya mau ke MOI atau ke Pulogadung. Di jalan gue WA sama Lena. Dia bilang bisa aja ke Pulogadung, naek APTB ke Bogor. Tapi karena ribet lagi harus naek di Rawamangun, gue mutusin nerusin ke Artha Gading. Lena bilang tuk turun di halte komdar aja. Gue pun turun.

Waktu mau masuk gate, gue nanya ke petugas cewek APTB Tanjung Priok – Bogor beneran lewat situ atau gak.

Petugas: Iya, lewat. Tapi kalau mau masuk harus pakai kartu.
Gue: Berapa harganya?
Petugas: 40rebu.
Buset, mahal!
Petugas: Bisa juga gak pake kartu, tapi nunggunyya di luar.
Gue: Oh, bisa ya bu? Gak masuk ke dalem? Terus ntar masuknya gimana?
Petugas: Ya, pakai kartu.
Hah? Gimana dah??
Gue: Maksudnya bu?
Petugas: Iya, bisa kalo gak pake kartu, tapi nunggunya di luar, bukan di dalem, dia mau berhenti kok ngambil penumpang.
Gue: Maksudnya di luar itu…nunggu di jalan? (di lintasan busway)
Petugas: Iya.

What the hell?? Gue disuruh nunggu di lintasan busway? APTBnya juga gak tahu kapan datengnya, bisa-bisa gue jadi muka knalpot nungguinnya! Gue pun mutusin tuk beli kartu supaya bisa nunggu di dalem ruang tunggu di halte busway. Beli kartu 40rb dapet pulsanya 20rb. Gue ditap-in sama petugasnya yang nunjukin saldo kartu gue udah berkurang. Gue pikir gak apa-apalah beli kartu juga, buat gue pake lagi kalau-kalau musti naek busway.

Petugas: Tapi bisnya lama lho mbak.
Gue: Iya, gak apa-apa.
Makanya gue gak mau nunggu di bawah halte! Gue tahu bisnya lama!

Gue nungguin sampe 1 jam lagi. Beberapa menit gue diri di dalem APTB, gue dapet duduk. Tiba-tiba si kondektur minta ongkos 5rb. Gue bayarlah. Gue udah santai aja n siap tidur waktu keluar dari Rambutan n si kondektur nagih lagi ongkos… Gue pikir tinggal bayar kekurangan aja (dari ongkos 16rb), tapi ternyata gue bayar penuh lagi!! Gue beneran ilfill n jadi gak bisa tidur! Emang harusnya gue nanya kenapa gue bayar lagi? Gue sadar gue mungkin udah ditipu, tapi gue udah terlanjur males (dan ya gue bego…).  


Gue ditipu atau gak??

Gue sampe pas Magrib di Ciawi. Orang-orang mulai turun, tapi ekstrem. Mereka turun lewat pintu bukaan tuk busway yang tinggi. Gue males ngikutin, jadinya gue lebih milih nunggu bis bener-bener berhenti dipoolnya. Pikiran gue, bisnya bakal muter lagi ke arah berangkat tadi. Tapi ternyata gak… Bis terus jalan…gue kira bis mau ke arah kota Bogor, tapi kok daerahnya gak gue kenal…kenapa ada jalan nanjak yang curam di Ciawi…ada bangunan aneh yang gak pernah gue liat di Ciawi…kenapa ada barisan toko oleh-oleh yang gak ada di Ciawi…gue udah bad feeling…dan feelingnya bener waktu gue liat plank penunjuk arah… SUKABUMI/CIANJUR…

Uapaaaaaa??? Sukabumi????? Gimana caranya gue pulang ke Bogor dari Sukabumi?? Walo panik, gue masih bisa sok cool. Waktu bis masuk ke pom bensin n orang-orang turun, gue ikutan turun. Gue nanya ke penjaga toko di pinggir jalan n katanya ada angkot yang ngarah ke Bogor.

Feuh…gue nyebrang dari pom bensin n gak lama ada angkot. Gue mastiin dulu kalo angkotnya beneran ke Bogor. Supirnya sampe ketawa sambil ngangguk…Ya sori aja…gue gak mau nyasar lagi… Dan waktu gue lihat pemandangan Ciawi yang bener, gue langsung lega, santai, n  bahagia banget.  

Sampe rumah jam 7.30, gue sampe mastiin dulu klo bener-bener udah nyampe di lingkungan rumah n bukan sekedar mirip. Gue bener-bener trauma hampir nyasar dua kali…Waktu gue certain ke keluarga gue..tanggapan mereka biasa aja…soalnya bukan yang pertama kali gue ngalamin kejadian yang bodoh kayak gini…bener-bener pengalaman yang gue gak mau ngulangin lagi. Gue kapok jadi orang acuh n bego! 

No comments: